Negara manakah yang pertama menggunakan Bendera ?

on

Adat kebiasaan suatu negara untuk memakai bendera tertentu dapatlah dikatakan masih baru, tetapi bendera itu sendiri telah ada semenjak dahulu kala. Bendera itu biasanya dipakai dalam peperangan untuk memberi pertanda di mana kedudukan sang pemimpin pasukan.

Pada zaman dulu kebanyakan dari bendera berbentuk tiang galah yang telah diukir. Bendera orang-orang Yunani Kuno hanyalah berbentuk sekeping senjata atau sebuah huruf yang dipancang tinggi-tinggi pada sebuah tiang. Bendera pertama yang berbentuk kain adalah penemuan orang romawi. Bendera itu terdiri dari sehelai panji segi empat yang digantungkan pada potongan kayu bersilang dan dipancangkan pada ujung tombak.

Sejak Amerika Serikat menerima suatu bendera sebagai lambang persatuan negara itu, maka buah pikiran itu masih merupakan gagasan yang baru sebenarnya. Sebab kebanyakan negara-negara Eropa waktu itu masih berperang di bawah bendera lambang raja-raja mereka masing-masing.

Orang-orang Perancis memakai bendera putih dari bangsa Bourbon. bendera nasional Inggris yang sekarang ini berasal dari panji kepunyaan Santo George. Bentuk bendera Amerika Serikat yang sekarang ini baru diresmikan pada tanggal 1 Januari 1801. Dan diduga bahwa dua bendera kebangsaan yang paling tua adalah milik bangsa Denmark yang berasal dari tahun 1219 dan dari Swiss yang dipakai sejak tahun 1339.

Setelah Amerika Serikat memilih satu bentuk bendera nasional, maka banyak negara lainnya mengikuti contoh ini. Sehabis revolusi Perancis, maka bendera Tri-warna dipilih oleh bangsa itu untuk mewakili Perancis. Bendera warna hijau, putih dan merah dari Italia mula-mula sekali diperkenalkan tahun 1805. Pada abad 19 banyak republik di benua Amerika Selatan merancang bendera untuk lambang kebangsaan mereka sendiri, kemudian penggunaan bendera sebagai lambang nasional diterima secara universal.

Tahukah anda bahwa pada tahap permulaan perang Revolusi Amerika setiap koloni itu mempunyai bendera sendiri-sendiri? Massachusetts punya bendera dangan gambar sebuah pohon pinus. South carolina dengan lukisan seekor ular berbisa. New York memiliki bendera berwarna putih dengan beaver berwarna hitam di tengahnya.

Pada waktu orang merancangnya bentuk bendera Amerika, maka pertama kali diusulkan agar bendera Inggris Union jack dimasukkan sebagai bagian di dalamnya. Namun usul ini telah ditolak dan sebagai gantinya diputuskanlah untuk menempatkan tiga belas buah bintang di dalam bendera itu, sebagai lambang tiga belas negara bagian waktu itu.

0 comments: